Peringatan Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional merupakan suatu peringatan yang sangat bermakna, karena reformasi pendidikan tidak akan ada artinya tanpa pergerakan guru. Hari Guru Nasional merupakan peringatan yang dirayakan setiap tanggal 25 November sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan kepada guru, pahlawan tanpa tanda jasa. Hari Guru Nasional 2021 tetap diperingati melalui pelaksanaan upacara bendera. Meskipun dalam kondisi pandemi, upacara Hari Guru Nasional 2021 tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.
 

Berangkat dari hal tersebut, tema Hari Guru Nasional 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Harapannya guru-guru di Indonesia dapat menjadi cikal bakal penggerak, yang memberikan motivasi kepada murid-muridnya untuk menjadi aktor perubahan dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Setiap murid atau peserta didik pasti memiliki karakteristik yang berbeda dari generasi ke generasi.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru untuk mengamalkan tugasnya dalam membimbing, memberikan perbaikan, dan memulihkan pendidikan di Indonesia mengingat adanya hambat pandemi COVID-19 di aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Itulah tema Hari Guru Nasional 2021 tahun ini. Semoga pendidikan di Indonesia memulih setelah adanya pandemi COVID-19 dan semakin meningkat kedepannya!