Pantomim

pakah kalian pernah melihat sebuah seni pertunjukan di mana ada seseorang yang berusaha menirukan sebuah aktivitas, tetapi hanya menggunakan gerak tubuh? Yap, seni tersebut dinamakan dengan pantomim. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang seni bermain pantomim.

Kata pantomim berasal dari bahasa Latin, yaitu pantomimus yang berarti meniru segala sesuatu. Pantomim merupakan suatu pertunjukan teater tanpa kata-kata atau dialog yang penampilannya lebih mengandalkan pada gerak tubuh, ekspresi wajah, dan biasanya diiringi dengan musik pendukung.

Gerak tubuh bertugas menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Di sinilah seni dari pantomim tersebut. Contohnya seperti seorang pantomim seolah-olah memegang gelas, membuka pintu, memegang kaca, duduk di kursi, dan juga sebagainya. Selain gerak tubuh, pantomimers (sebutan untuk seorang pantomim) juga mengandalkan ekspresi wajah untuk menerangkan suatu keadaan seperti sedih, marah, kecewa, gembira, bingung, dan sebagainya.

Pemain pantomim biasanya memiliki ciri khas tersendiri dalam mementaskannya, yakni riasan putih dengan celak hitam pada mata. Selain itu, penampilan mereka umumnya mengenakan baju hitam putih bergaris horizontal ditambah dengan sarung tangan putih dan juga topi berwarna hitam. Namun, seiring berkembangnya zaman kostum dari pemain pantomim itu sendiri juga semakin bervariasi.