Festival Kirab Pusaka Desa Olean

emerintah Desa Olean, Kecamatan Situbondo menggelar Kirab Pusaka Khas Desa.

Acara tersebut menempuh jarak 2 km dengan start di Jalan Sucipto hingga kantor desa setempat, pada Sabtu (25/11/2023).

Pantauan di lapangan, pelepasan kirab pusaka diawali dengan penyerahan pusaka Tombak Trisula oleh Kepala Desa Olean, Ansyori kepada tokoh adat.

Informasi dihimpun, tombak tersebut sangatlah sakral bagi masyarakat Desa Olean. Karena melambangkan tiga tokoh pembabat Desa Olean.

Kepala Desa (Kades) Olean, Ansyori mengatakan bahwa kirab pusaka yang digelar merupakan agenda tahunan yang biasanya dilaksanakan pada bulan Asyura. Namun karena padatnya acara, Kirab Pusaka milik leluhur desa ini, baru bisa dilaksanakan saat ini.

“Di acara kali ini, kami mengucapkan banyak terima kasih pada seluruh masyarakat desa, sebab ratusan masyarakat Desa Olean yang terbagi dari 6 Dusun, 7 RW dan 26 RT, ikut serta berpartisipasi mengikuti acara kirab budaya,” ucap Ansyori.

Ia berharap dengan Kirab Pusaka Tombak Trisula yang digelar, para penerus desa juga bisa melestarikan akan keragaman budaya tersebut.

“Semoga melalui momen ini, Desa Olean ke depan semakin maju, berkembang dan masyarakat desa juga makin sejahtera,” harapnya.

Lebih lanjut Kades Olean Ansyori menerangkan, suksesnya acara kirab Pusaka berupa Tombak Trisula selain adanya dukungan penuh seluruh masyarakat, dan berbagai komunitas. Tentu, ini juga karena adanya dukungan dari pemerintah daerah.

Di tahun berikutnya, kirab Pusaka Khas Desa Olean akan mendapat dukungan dari berbagai komunitas dari luar desa, yaitu dari Komunitas desa Tenggir dan Desa Curah Jeru.

“Kami juga berharap rekan – rekan Kepala Desa juga turut berpartisipasi dan di tahun 2024 kami berencana akan menggelar dengan lebih meriah,”